Sabtu, 27 Desember 2014

Assalamu'alaikum:) Hi! This is my Task Of Jurnalisme Dakwah



Jurnalisme Dakwah



   Jurnalisme dakwah adalah suatu kegiatan menyampaikan pesan berupa dakwah kepada khalayak melalui saluran media khususnya media massa.
Dalam pengertian ini, maka jurnalisme dakwah sangat erat kaitannya dengan komunikasi massa dan media massa. Dimana komunikasi massa menurutBittneradalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Sedangkan Media massa menurut Leksikon Komunikasi, media massa adalah “sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radio, televisi, surat kabar dan lain sebagainya. Adapun karakteristik atau ciri-ciri komunikasi massa yaitu:
       -         Komunikator terlembaga
       -         Komunikasinya anonym (tidak saling mengenal) dan heterogen (bermacam-macam kalangan)
      -         Simulasi alat indera terbatas
      -         Umpan balik (feedback) tertunda atau tidak langsung
 Fungsi Komunikasi Massa menurut Dominick, yaitu:
     1.     Suvellance (pengawasan)
     2.     Interpretation (penafsiran)
     3.     Link age (Pertalian)
   4.     Transmission Of Values (penyebaran nilai-nilai) atau bias disebut juga fungsi sosialisasi
     5.     Entertainment (hiburan)
Sedangkan fungsi komunikasi massa menurut Onong U Efendi
    1.     Informasi
    2.     Pendidikan
    3.     Mempengaruhi

Dalam kegiatan jurnalisme dakwah yang menghubungkan komunikasi didalamnya, ini juga berhubungan dengan firman Allah SWT dalam Q.S An Nahl ayat 125:
Hubungan antara Q.S An Nahl 125 dengan Jurnalisme dakwah adalah “komunikasi Massa”, dimana dalam ayat tersebut terdapat kaitan yang sangat erat dengan komunikasi persuasi atau komunikasi yang bersifat mengajak:
Komunikasi persuasi
Komunikasi persuasi disini tersirat dalam prinsip berdakwah yaitu bil hikmah wa mauidah, yaitu dengan kata-kata dan nasehat yang baik. Dimana dalam menyampaikan pesan yang berupa dakwah itu , hendaknya dalam berdakwah itu menggunakan prinsip yang terdapat dalam Q.S. An Nahl 125.
Adapun fungsi komunikasi persuasi yaitu:
·        Membentuk sikap dan perilaku
·        Menegaskan sikap
·        Mengubah sikap
Kerja persuasi dimudahkan oleh suatu pengetahuan komunikastor tentang audience atau dalam proses berdakwah audience disebut Mad’u. jadi, ketika melakukan kegiatan persuasi atau mengajak, hendaknya seorang komunikator mengetahui latar belakang audience atau mad’unya, agar pesan yang disampaikan mudah di pahami dan diterima oleh komunikan.
Dalam kegiatan jurnalisme dakwah ini, saya melakukan wawancara terhadap seorang Ustadz mengenai metode dakwah yang beliau terapkan, dimana ini merupakan salah satu kegiatan jurnalis yaitu mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyebarluaskan. Saya telah melakukan hal demikian dan berikut laporan hasil wawancara saya terhadap beliau:


     A.   Sekilas Biografi Muballigh